ESSAY
1.
Apa
yang anda ketahui tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Media
Pembelajaran dan Media Pembelajaran
Berbasis TIK?
2.
Menurut
Haag dan Keen (1996) teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu
pekerjaan dengan informasi serta melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan
pemrosesan informasi. Bagaimana pemanfaatan dan cara memanfaatkan TIK bagi
seorang guru yang kebetulan berada didaerah yang terisolir?
3.
Apa
saja manfaat Media Pembelajaran berbasis IT yang akan anda rasakan ketika nanti
anda mengajar di PAUD!
4.
Dalam
dunia IT, selalu ada untung rugi dalam memanfaatkannya. Sebutkan dan sertakan
penjelasannya keuntungan dan kerugian dalam menggunakan IT dalam proses belajar
mengajar !
5.
Menurut
anda yang kuliah di jurusan kependidikan, Soft
skill dan hird skill apa saja
yang harus dimiliki oleh seorang guru PAUD dalam melaksanakan aktivitas belajar
!
JAWABAN
1.
a.
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan hasil
perubahan zaman yang semakin modern dimana perubahan tersebut sangat membantu
kehidupan manusia dalam melakanakan pekerjaan nya , seperti adanya Internet,
Komputer dan alat komunikasi lainnya yang semakin canggih. Sehingga manusia dapat
dengan mudah untuk mencari informasi atau pun melakukan komunikasi dengan
manusia lainnya.
Teknologi Informasi dan Komunikasi juga merupakan segala
bentuk yang berkaitan dengan pemerosesan, manipulasi, pengelolaan, dan
pemindahan informasi antar media.
b. Media Pembelajaran
Media Pembelajaran merupakan suatu alat peraga atau alat
bantu yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran untuk lebih memudahkan
anak dalam proses belajarnya, dimana komunikasi antara guru dan siswa dapat di
peroleh secara efektif dan efesien. Media pembelajaran sendiri bukan
semata-mata alat peraga yang hanya dipegang atau pun dilakukan secara manual
oleh guru , tetapi media pembelajaran ini dapat digunakan sebagai alat untuk
merekam dan menyimpan informasi.
c. Media Pembelajaran Berbasis TIK
Media Pembelajaran Bebasis TIK adalah alat peraga yang
digunakan dalam proses belajar mengajar yang dilengkapi dengan alat-alat
informasi dan komunikasi yang sudah modern seperti halnya menggunakan komputer
dan proyektor pada saat guru memberikan pengajaran pada siswa. Sehingga guru
dapat memberikan pengajaran disertai dengan gambar-gambar ataupun suara-suara
tergantung dari materi yang akan diberikn pada siswa.
2. a. Pemanfaatan TIK untuk Guru Terisolir
Pemanafaatan yang dapat dilakukan oleh guru terisolir
yaitu jangan sampai ketinggalan mengenai berita terupdate tentang pendidikan,
agar bisa selalu memeberikan informasi kepada siswa mengenai pentingnya TIK
bagi mereka untuk kehidupannya.
Meminta bantuan dari pemerintah untuk daerah terisolir
tersebut agar dapat mengakses sumber-sumber informasi dan komunikasi dengan
mudah. Agar semakin berkembangnya peruubahan zaman yang semakin maju maka
pemerintahpun akan meningkatkan masyarakat untuk melek TIK agar tidak
ketinggalan zaman dengan negara-negara yang sudah maju, bantuan dari pemerintah
itu dapat di gunakan oleh guru ataupun masyarakat yang ada di daerah terisolir
tersebut.
b. Cara Memanfaatkan TIK di Daerah Terisolir
Masyrakat atau guru yang berada di daerah terisolir dapat
memanfaatkan fasilitas yang telah diberikan oleh pemerintah untuk kegiatan dan
hal-hal yang dapat memajukan daerah terisolir tersebut dan untuk mencari
informasi sebnayak mungkin mengenai pendidikan agar sumber daya manusia nya
dapat berkualitas.
3.
Manfaat Media Pembelajaran
Berbasis TIK :
a. sebagai seorang guru PAUD tentu dengan adanya TIK
sangat membantu saya ketika nanti terjun
sebagai seorang guru PAUD . dimana saya
dapat melaukan proses belajar mengajar dibantu dengan alat peraga yang modern
seperti komputer dan proyektor sehingga anak-anak akan lebih merasa senang
berada di dalam kelas karena, saya dapat melakukan pembelajaran seperti
bernyanyi, belajar berhitung , dll. dengan ditampilkan langsung gambar serta
cara-caranya di layar proyektor.
b. TIK sendiri membantu saya ketika akan memberi kan
materi pada anak dengan mencari terlebih dahulu informasi sebanyak-banyakyna
dengan menggunakan jaringan internet.
c. Saya dapat terus megupdate informasi mengenai dunia
pendidikan baik di dalam maupun luar negeri.
d. Saya bisa sambil belajar juga memahami TIK dengan
adanya media pembelajaran berbasis TIK karena harus belajar membuat media-media
yang berbasis TIK untuk diterapkan pada anak.
4. a. Keuntungan menggunakan IT:
1. membantu dalam pemberian materi dari guru pada siswa,
karena guru dapat terlebih dahulu
mencari informasi mengenai materi yang akan disampaikan.
2. Siswa dapat dengan mudah
mendapatkan dan mencari referensi-referensi mengenai
Pembelajaran ataupun materi-matari sekolah dari internet
tanpa harus didampingi oleh seorang
guru.
3. Inovasi-inovasi mengenai pembelajaran dapat terus
berkembang dengan adanya e-learning yang dapat memudahkan proses pembelajaran.
4. Sistem administrasi pada sebuah lembaga pendidikan
akan lebih mudah dan lancar dengan berkembangnya TIK.
5. Guru dapat menambahkan alat peraga dalam prose
pembelajaran dengan adanya IT.
b. Kerugian menggunakan IT:
1. Dengan semakin majunya perkembangan IT itu akan
mempermudah terjadinya pelanggaran
terhadap Hak Atas Kekayaan Intelektual karena orang-orang semakin mudahnya
mengakses dan mengcopy paste karya-karya orang lain.
2. Walaupun sistem administrasi semakin mudah , ketika
terjadi kesalahan maka akan fatal sehingga harus berhati-hati dan menguasai TIK
dengan lancar.
3. Dengan pekembangan TIK yang semakin maju dimana semua
orang dapat dengan mudah mengakses segala sesuatu yang mereka butuhkan baik
dalam bidang pendidikan maupun dibidang lainnya membuat kita menjadi malas
untuk membaca buku-buku karena sudah merasa enak dengan hal yang bersifat
instan.
5. Soft Skill yang dimiliki guru PAUD:
1. Memiliki Sifat menghibur
Menjadi seorang guru PAUD harus bisa menjadi menyenangkan
di depan anak-anak agar anak-anak merasa betah ketika mereka berada di sekolah.
Dan bisa menghibur anak-anak ketika mereka merasa bosan mengikuti kegiatan
belajar-mengajar.
2. Memiliki rasa kasih sayang kepada anak-anak
Anak-anak senantiasa senang ketika diberikan rasa kasih
sayang yangbesar dan tulus dari orang dewasa mereka akan merasa diperhatikan
dan merasa dilindungi dengan adanya kasih sayang yang diberikan oleh guru pada
anak.
3. Kreativ
Guru PAUD di tuntut untuk kreativ , karena guru PAUD
harus dengan sigap ketika anak-anak sudah mulai ricuh dikelas harus kreativ
menciptakan sesuatu yang bisa membuat suasan kelas menjadi kondusif lagi, dan
kreativ dalam segi memberikan pembelajran pada anak agar anak dapat paham
terahadap materi yang telah disampaikan.
Hard Skill yang dimiliki guru PAUD :
1. Mengenal peserta didik dan profil perkembangan fisik
dan psikisnya secara mendalam
2. Menguasai ilmu-ilmu yang berkaitan dengan pendidikan
anak usia dini.
3. Mampu menyelenggarakan kegiatan yang memicu
pertumbuh-kembangan peserta didik secara utuh.
4. Bisa menjadi sebagai pembimbing dan suri teladan bagi
peserta didik.
5. Mencintai profesi nya sebagi guru PAUD agar bisa
menjalankan tugasnya dengan baik dan semaksimal mungkin.
6. Mempunyai riwayat pendidikan yang sesuai dengan
profesinya , seprti S1 PGPAUD.
7. Riwayat pendidikan minimal nya lulusan S1.
ningrat wulansari, 25 mei 2018
Tidak ada komentar:
Posting Komentar