Jumat, 25 Mei 2018

businnes plan Manino Produk



A. Ringkasan Meramu Isi
Tujuan dari bussnies plan ini adalah untuk mengembangkan kreativitas mahasiswa yang memiliki kemauan untuk membuat bisnis kerajinan tangan yang berbahan dasar dari kain flanel dan bahan bekas yang sudah tidak terpakai tujuan nya untuk memanfaatkan bahan yang tidak terpakai agar memiliki nilai jual di pasaran, nama bisnis ini adalah MaNiNo produk. Produk yang dibuat adalah tempat serba guna, tempat serba guna ini memiliki banyak sekali kegunaan nya bisa juga dijadikan hiasan. Dana yang kami pergunakan dari dana kami pribadi, adapun target kami untuk kedepan nya akan membuat tempat serba guna ini lebih menarik lagi dengan inovasi baru serta dalam modelnya itu bisa disesuaikan dengan pesanannya serta kami akan membuat kerajinan tangan lain nya atau produk yang disesuaikan dengan kebutuhan sehari-hari Jumlah modal nya adalah sebesar Rp.155.000
1. Ringkasan eksekutif
MaNiNo produk adalah bisnis yang menawarkan tempat serba guna untuk kebutuhan sehari-hari dengan berbagai bentuk dan hiasan yang menarik yang unik dari MaNiNo produk ini selain untuk tempat serba guna seperti untuk tempat pensil, tempat make up dan lain sebagai nya tetapi juga bisa untuk hiasan di rumah karena bentuk nya yang lucu dan terbentuk seperti tokoh kartun yang disukai anak-anak dan bisa juga disesuaikan dengan keinginan pembeli. Bisnis MaNiNo produk ini akan menghasilkan keuntungan bagi pemiliki dan pejalan bisnis ini karena dari bahan-bahan nya untuk pembuatan tempat serba guna ini sangat mudah didapatkan.
a.       konsep bisnis
Konsep bisnis ini kami terinspirasi dari kebutuhan kami sendiri dimana konsep ini diambil karena kami melihat pada kebutuhan kami sehari-hari dimana kami merasa butuh dengan tempat serba guna ini tempat ini bisa di pergunakan untuk menyimpan barang seperti alat make up, alat tulis serta dapat juga dijadikan tempat menyimpan uang . Yang sesuai dengan nama nya tempat serba guna
b.      Misi perusahaan
a)      Menggunakan bahan baku yang baik
b)      Menggunakan bahan yang ramah lingkungan
c)      Menggunakan peralatan yang aman
d)     Menghasilkan produk dengan bahan yang mudah didaur ulang
e)      Menarik konsumen dengan produk-produk yang unik dengan harga yang terjangkau
f)       Memberikan pelayanan yang memuaskan kepada pelanggan / konsumen dengan memilih hiasan sesuai pesanan
g)      Memuaskan konsumen dengan menciptakan produk-produk yang baru di kalangan masyarakat
MaNiNo produk berusaha untuk membuat kerajinan tangan yang bentuk nya bervariasi dan unik dengan harga terjangkau serta memanfaatkan bahan yang sudah tidak terpakai agar menjadi produk yang bisa diminati masyarakat.
c.       Produk
Produk yang kami buat adalah tempat serba guna dimana tempat serba guna ini bisa digunakan berbagai kalangan mulai dari orang dewasa hingga anak-anak tempat serba guna ini bisa di jadikan hiasan di rumah dan juga tempat pensil, tempat muke up dan sebagainya. Tempat serba guna ini model nya dapat di buat sesuai dengan kemampuan sendiri contohnya bisa di buat dari tokoh kartun yang anak sukai . Bahan nya pun mudah untuk di temukan karena kami menggunakan bahan dasar kain flanel selain tempat serba guna ini di MaNiNo produk juga membuat dompet yang yang bisa digunakan untuk tempat menyimpan uang ataupun tempat lain .


d.      Persaingannnya
MaNiNo produk ini dapat bersaing dipasaran karena dari kualitas dan harga nya pun yang sangat terjangkau. Karena MaNiNo produk ini memiliki keunikan tersendiri dimana bentuk kan nya bisa di sesuaikan dengan keinginan pembeli dan juga bisa dibuat dengan contoh karakter tokoh kartun yang di sukai.
e.       Target pasarnya
Sasaran kami adalah seluruh masyarakat dari segala usia. Untuk itu kami memulai promosi dari daerah sekitar tempat tinggal kami serta melakukan promosi pada rekan mahasiswa di kampus, karena kami menganggap promosi akan lebih efektif jika terjadi dalam suatu kelompok. Selain itu kami juga mempunyai rumah produksi yang siap didatangi siapa saja dan siap melayani pemesanan.Untuk itu kami menggalakkan promosi di berbagai media social, seperti facebook dll. Hal ini kami maksudkan untuk memberi kemudahan dalam pemesanan dan pembelian produk kami. Selain kepada teman-teman terdekat kami juga akan mentargetkan kepada anak-anak yang ada disekitar kami .
f.       Strategi pemasaran
Berikut ini adalah strategi pemasaran yang kami lakukan :
1. Kebijakan Produk
Usaha ini bergerak di bidang produk, yaitu MaNiNo produk. Bisnis ini menjual produk berupa kerajinan tangan yang berupa tempat serba guna yang memiliki berbagai fungsi yang dapat di gunakan dalam kebutuhan sehari-hari.
2. Kebijakan Harga
Harga masih merupakan faktor yang perlu mendapat perhatian khusus agar pangsa pasar yang dituju dapat dicapai karena sesuai dengan tingkat pendapatan  mereka. Oleh karena itu kami menawarkan harga yang cukup terjangkau oleh masyarakat khususnya mahasiswa dengan  harga mulai  Rp 30.000.
3. Kebijakan Promosi
Untuk meningkatkan pangsa pasar maka perlu dilakukan Promosi, bentuk promosi yang akan kami lakukan antara lain memasarkan produk langsung ke calon pembeli.
g.      Tim manajemen
Tim manajemen utama dibentuk oleh para pendiri, yang merupakan mahasiswa upi kampus serang dengan tools yang dipelajari pada perkuliahan diharapkan dapat berpikir dan membantu bertindak tim manajemen dalam menjalankan bisnisnya.
h.      Keuangan
Keuangan ini atau modal kami dapatkan dari tim kami sendiri dimana kami terdiri dari 3 orang jadi modal yang kami pergunakan adalah modal sendiri Adapun ringkasan dari modal tersebut sebagai berikut.
No
Keterangan
Harga
1
Kain Flanel 3m
Rp 84.000
2
Lem Tembak
Rp 10.000
3
Benang Wol
Rp 14.000
4
Jarum
Rp 5.000
5
Manik-manik
Rp 7.000
6
Resleting
Rp 10.000
7
Kayu Sumpit
Rp 20.000
8
Benang Warna
Rp 5.000
Total
Rp. 155.000

2. Gambaran Perusahaan
a.       Identitas Perusahaan
Nama Produk : MaNiNo, adapun nama tersebut diambil dari singkatan nama kami yang mengelola produk ini yaitu : Isma, Ningrat, Novi.  Adapun lokasi pembuatan produk ini di Kampus UPI Serang, setiap sore atau siang hari kami cicil untuk pembuatannya, serta produk individu pun ada yang dibuat di tempat kita masing-masing. Contohnya dompet mini.
b.      Visi
Menyalurkan aspirasi melalui kerajin dari kain Flanel untuk lebih mendorong jiwa kewiraswastaan hingga menjadikan benda yang memiliki daya guna yang bermanfaat untuk penyimpanan tempat kebutuhan, sehingga Menghasilkan produk yang berkualitas, ramah lingkungan dan disenangi masyarakat serta mampu memberikan pelayanan bagi konsumen.

Misi   :
1.      Menggunakan bahan baku yang baik
2.      Menggunakan bahan yang ramah lingkungan
3.      Menggunakan peralatan yang aman
4.      Menghasilkan produk dengan bahan yang mudah didaur ulang
5.      Menarik konsumen dengan produk-produk yang unik dengan harga yang terjangkau
6.      Memberikan pelayanan yang memuaskan kepada pelanggan / konsumen dengan memilih hiasan sesuai pesanan
7.      Memuaskan konsumen dengan menciptakan produk-produk yang baru di kalangan masyarakat
Manino produk berusaha untuk membuat kerajinan tangan yang bentuk nya bervariasi dan unik dengan harga terjangkau serta memanfaatkan bahan yang sudah tidak terpakai agar menjadi produk yang bisa diminati masyarakat.
Kewirausahaan melingkupi dari Pengetahuan dan kebijakan yang tumbuh dan berkembang dalam sebuah komunitas. Untuk menguatkan pendidikan perlu membangun karakter pemuda berbasis kearifan lokal sejak dini melalui jalur pendidikan diangap sebagai langkah yang tepat. Sekolah sangat berperan penting dalam mewujudkan pendidikan dalam lembaga formal. Pendidikan di Sekolah merupakan bagian dari system pendidikan Nasional yang memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan sumber daya manusia, melalui pendidikan di Sekolah diharapkan akan menghasilkan sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas karena pendidikan karakter di Sekolah merupakan penanaman nilai-nilai karakter melalui menanamkan wirausaha kepada peserta didik. Untuk mewujudkan karakter bangsa yang berbudi luhur, sopan, santun, ramah tamah, gotong royong, disiplin, taat aturan dalam kondisi yang telah di tetapkan oleh lingkungan sekitar, maka hal tersebut memerlukan pembiasaan dan keteladanan dari semua unsur pendidikan di Sekolah.
c.       Gambaran Tentang Produk
Gantungan tempat Multi Fungsi dari Kain Flanel MaNiNo Produk merupakan bisnis perdagangan hasil karya yang bertujuan untuk mengurangi bahan yang sudah tidak layak pakai menjadi bahan yang bisa di daur ulang, khususnya memberikan peluang pekerjaan sampingan untuk kita Selain itu, gantungan tempat Multi Fungsi iniyang terbuat dari kain flanel ini juga merupakan hasil karya produksi yang ramah lingkungan dan bermanfaat untuk anak-anak menyimpan peralatan alat tulis nya.
            Dilihat dari prospek usaha gantungan tempat multi fungsi dari kain flanel sangat berpotensi untuk menjadi usaha sampingan untuk kita sebagai mahasiswa yang hendaknya kenal dengan kewirausahaan. Selain itu tugasnya untuk membantu memudahkan dalam penyimpanan peralatan yang kecil-kecil seperti penghapus, jangka dll. Jam operasional kegiatan usaha gantungan tempat multi fungsi kain flanel ini pada  siang hari, dan sore hari. Namun dalam proses pembuatan gantungan tempat multi fungsi dari kain flanel, jam bekerjanya dimulai pada siang hari seusai kami pulang dari kampus Tahap awal yang dilakukan dalam membangun usahanya yaitu dengan melakukan promosi melalui Media Sosial, dan saat penampilan di Aula Lembaga saat UAS Kewirausahaan bersama teman sekelas, disana produk kami ada yang minat dan melakukan pembelian. MaNiNo pun melakukan promosi dari mulut ke mulut agar lebih banyak lagi masyarakat UPI Kampus Serang yang mengetahui mengenai bisnis gantungan tempat Multi fungsi dari kain flanel tersebut.
d.      Kepemilikan
Produksi yang dijalankan dalam usaha gantungan tempat Multi Fungsi dari kain flanel ini adalah dengan iuran kami dalam pembuatan produk MaNiNo ini masih berskala kecil untuk awalnya maka para anggota kelompok ini yang mempersiapkan keseluruhan sistem produksinya.
Teknis pembuatan atau produksi dari gantungan tempat Multi Fungsi dari kain flanel ini adalah dengan membeli bahan baku berupa kain flanel, benang wol, lem tembak, jarum, gunting, dan lain sebagainya.
Keseluruhan bahan baku yang digunakan untuk membuat gantungan tempat Multi fungsi dari kain flanel yang kemudian siap dijual. Pembuatan gantungan kunci ini dilakukan pada siang hari, dan sore hari dan penjualannya dilakukan mulai dari kemarin saat Mata Kuliah Kewirausahaan mengadakan pembukaan hasil produk pada sore hari. Gantungan multi fungsi dari kain flanel yang sudah jadi tersebut kemudian dimasukkan kedalam kemasan yang menarik dengan menggunakan merek dagang gantungan multi fungsi dari kain flenal MaNiNo Produk dibuat oleh Isma, Ningrat Novi.

3. Strategi Pemasaran
a)      Gambaran Pasar
MaNiNo Produk adalah kewirausahaan bidang kerajinan yang memasarkan pernak pernik berupa aksesoris gantungan tempat Multi Fungsi, dompet,  yang berkualitas, ramah lingkungan, mendaur ulang bahan bekas, dan disegani masyarakat. Sasaran pemasaran kami yaitu seluruh masyarakat khususnya daerah tempat UPI Kampus Serang. Aksesoris berupa pernak pernik gantungan tempat Multi Fungsi yang berbahan dasar kain flanel ini bergambar kartun lucu bisa untuk anak-anak, remaja ataupun berbagai kalangan masyarakat yang menginginkannya. Untuk kedepannya tak hanya itu, MaNiNo Produk juga memproduksi berbagai macam boneka, dompet, hiasan pintu  dari benang woll yang juga terbuat dari kain flannel yang masih dalam wacana. Untuk menarik konsumen, MaNiNo saya juga menerima pemesanan produk sesuai dengan keinginan konsumen, misalnya gantungan multi fungsi ini dengan nama konsumen tersebut.
b)      Ukuran Pasar
Produksi dalam produk MaNiNo cukup terjangkau, kami bisa membuat sehari ketika ada pesanan. Penjualan produk kami dipasarkan di Kampus UPI Serang, teman sekelas, dan masyarakat karena bisa untuk hadiah ulang tahun ataupun koleksi untuk anak-anak. Perencanaan kami juga akan mempasarkan Produk MaNiNo ini di rumah kami masing-masing dengan membuat produksi tambahan setelah itu di pasarkan kepada teman-teman dirumah, dan ibu-ibu kami melakukan survei dan kunjungan ke tempat-tempat yang ramai seperti Alun-alun Serang untuk dapat menambah omset penjualan produk usaha MaNiNo ini. Potensi pasar yang kami lakukan miliki cukup besar, karena didukung oleh sasaran pasar yaitu para remaja dan anak-anak serta tren mode yang semakin menarik.
c)      Peluang Strategis
Sebelum melaksanakan suatu usaha baru, kita perlu mengetahui hal-hal atau aspek-aspek yang berpengaruh terhadap usaha tersebut. Hal tersebut diantaranya adalah aspek kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Dengan melakukan analisis terhadap hal-hal tersebut diharapkan usaha akan berjalan lancar dan sukses. Berikut adalah beberapa hal dari masing-masing aspek diatas :
1.      Kekuatan yang dapat mendukung untuk mencapai sasaran usaha MaNiNo
a)      Membuka tempat aksesoris gantungan tempat Multi Fungsi dari kain flanel tidak akan mengalami kerugian yang besar seandainya usaha tersebut tidak berjalan, karena disini modal pemilik diinvestasikan dalam bentuk aksesoris flanel, jadi seandainya produk tidak laku dijual, produk tersebut bisa dijual ke tempat lain
b)      Jumlah pengeluaran yang dibutuhkan tidak begitu besar karena sebagian bahan baku bisa diperoleh dari limbah kain dari bahan rumahan dan grosiran aksesoris. Selain itu, bahan baku yang dihasilkan bervariasi dan biayanya terbilang cukup murah.
c)      Jika tidak kreatif dan tidak berusaha mencari model-model aksesoris yang baru maka MaNiNo Produk akan ketinggalan serta dapat mengalami penurunan yang cukup besar
d)       Peluang usaha Peluang terbesar dari Produk MaNiNo kami terletak pada peminat/konsumen dan ke strategisan letak usaha kami.
e)      Memberikan keuntungan yang maksimal.kepada Produsen dan  Konsumen dengan memberikan barang yang memuaskan, sehingga pelanggan akan menceritakan barang yang disukai kepada teman-temannya melalui mulut ke mulut.
f)       Permintaan pasar yang meningkat pada perayaan hari-hari tertentu, dan hari-hari spesial seperti dengan pesanan untuk kado ulang tahun.
g)       Banyaknya jenis usaha yang sama sebagai pesaing Persaingan dalam pemasaran yang semakin ketat harus di perhatikan karena akan menjatuhkan Produk pemasaran yang di buat dengan hasil mesin jahit daripada dengan jahit tangan atau menggunakan Lem tembak. Konsumen lebih pada produk yang langsung jadi, sedangkan MaNiNo Produk menggunakan hasil jahit dompet tangan, dan tempat multi fungsi menggunakan lem tembak.
h)      Mahalnya biaya iklan yang dibutuhkan untuk memasarkan produk agar menjadi lebih terkenal di kalangan masyarakat, tetapi kami menggunakan lebel yang yang lumayan menarik perhatian masyarakat dan warga UPI Kampus Serang.

d.)    Karakteristik Pasar
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah mendorong kemajuan - kemajuan di berbagai bidang termasuk bidang ekonomi. Saat ini banyak kita jumpai barang-barang yang berkualitas dan beragam. Fenomena baru menunjukkan bahwa banyak orang yang menghendaki kepraktisan dan kemudahan. Hal tersebut mendorong para wirausaha untuk memanfaatkan peluang dengan menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin maju sehingga diperoleh keuntungan. Berbagai inovasi dan temuan produk yang kreatif untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia antara lain: handphone, tempat penyimpanan yang praktis, lemari segala barang masuk dll, dalam hal ini mereka lebih menyukai dan memilih produk luar dibandingkan dengan hasil kerajinan sendiri asal Indonesia yang dimana bahan yang dibuat bisa menjadi bahan pembelajran dan ramah lingkungan dengan cara mendaur ulang barang-barang bekas menjadi barang yang bisa digunakan dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari, seperti hal nya tempat Multi Fungsi ini yang kerap tanpa kita sadari untuk kepraktisan penyimpanan barang-barang yang praktis sehingga barang tersebut mudah dicari, memang pada kenyataan nya MaNiNo Produk ini belum sepenuhnya maksimal rapih dalam pembuatannya, tetapi kita menjual nya pun sesuai dengan kualitas barang yang di pasarkan, karena dengan membantu dalam pembuatan produk ini kami memudahkan masyarakat dalam penyimpanan barang dengan tempat Multi fungsi ini yang dimana dalam pembuatannya pun ramah lingkungan mendaur ulang bahan-bahan bekas menjadi bahan yang bermanfaat untuk kita pakai bersama.
4.         Analisis Persaingan
            Dilihat lokasinya, target pasar kami belum ada yang menjalankan usaha dalam jenis yang sama dengan usaha yang akan kami jalankan. Tetapi dalam bidang yang sama, yaitu bidang kerajinan dari kain flanel, disana sudah ada usaha seperti gantungan kunci, tempat HP, dan bucket bunga dari kain flanel. Namun untuk jenis produk yang seperti kami jual yaitu “Tempat Multifungsi” belum terdapat di lokasi target pasar kami, adapun beberapa nama pesaing potensial yang sudah mulai terkenal dalam bidang penjualan kerajinan dari kain flanel adalah:
A.    KV_STORE
B.     RIRIZ_COLECTION
Nama-nama pesaing tersebut sudah terkenal dan mereka juga menjual produknya melalui sosial media serta menggunakan jasa situs penjualan online yaitu Tokopedia, namun disini kami merasa kuat karena dari semua produk yang mereka jual tidak ada produk yang serupa dengan produk kami yaitu “Tempat Multifungsi” sehingga hal tersebut menjadikan peluang kami dalam menjalankan usaha ini kami beranggapan bahwa produk yang kami jual akan laku dipasaran.
Adapun kelebihan dari produk kami adalah:
A.    Belum ada perusahaan lain yang memproduksi produk sejenis dengan produk yang kami jual yang bernama”Multi Fungsi”.
B.     Produk Multi Fungsi ini sangat memiliki banyak manfaat bagi pemiliknya dimana kegunaan dari produk ini bisa digunakan untuk hiasan ruang tamu/kamar, bisa digunakan untuk tempat make up, untuk tempat hp, alat tulis, buku-buku kecil dan juga bisa dijadikan sebagai tempat photo.
C.     Tempat gantungan dari produk kami memiliki daya tampung yang kuat sehingga ketika beban nya berat tidak akan terjadi kerusakan.
5.         Rencana Desain dan Pengembangan
A.    Tujuan usaha jangka panjang
Menjadi salah satu produk kerajinan dari kain flanel yang memiliki kualitas baik dan menarik khususnya di daerah Serang dengan berbagai macam produk, produk unggulannya yaitu “Tempat Multifungsi” yang memiliki berbagai macam karakter lucu dan unik agar penbeli tidak bosan untuk membeli produk yang kami jual.
B.     Strategi
Strategi yang akan kami gunakan untuk memasarkan dan memperkenalkan produk kami ke pasaran yaitu dengan cara mempromosikannya melalui teman terdekat terlebih dahulu agar mereka dapat mempromosikan kembali kepada rekan-rekan nya, menggencarkan pengiklanan melalu media sosial yang kami miliki seperti FB,WA,IG,dan Twitter ataupun kami akan menjual secara langsung kepada konsumen.
C.  Sasaran-sasaran dan jadwal pencapaian (milestones)
      Sasaran yang kami tuju untuk produk ini adalah daerah sekitar serang khususnya mahasiswa UPI kampus Serang, para dosen UPI Serang dan ibu-ibu sekitar UPI Serang.


Tabel 3.1 Jadwal Pencapaian
No
 Kegiatan
Bulan ke-1
Bulan ke-2
Bulan ke-3
Bulan ke-4
Bulan ke-5
1
Produksi
20
25
30
35
40
2
penjualan
19
23
29
33
39

D.  Evaluasi resiko
      Tidak bisa terlalu berat beban nya karena pegangannya bisa patah, sehingga ada batas maksimal untuk menyimpan barang di tempat multi fungsi tersebut yaitu tidak lebih dari 1kg.
E.   Exit plan
      Kami akan memberikan potongan harga sebesar 5% untuk pembelian dan pemesanan pada setiap hari sabtu.
6.         Rencana operasi dan manajemen
A.    Fasilitas
Menyediakan layanan pemesenan via online seperti FB,WA,IG,dan Twitter, sms dan telpon serta menyediakan pesanan secara langsung ataupun siap mengantar pesanan terbatas di area daerah Serang.
B.     Proses Produksi
·         Pembelian bahan-bahan dan alat-alat pembuatan seperti kain flanel, benang wol, lem tembak, jarum, kayu sumpit, manik-manik, gunting, resleting, dan benang warna.
·         Menyiapkan bahan-bahan dan alat-alat yang akan digunakan.
·         Membuat pola sesuai yang diinginkan.
·         Memanaskan lem tembak untuk menempel pola yang sudah dibuat ke atas alas yang terbuat dari kain flanel.
·         Melilit kayu sumpit dengan benang wol agar terlihat menarik dan rapih, kayu sumpit berfungsi menyangga kain flanel.
·         Setelah kayu sumpit selesai dililit selanjutnya dimasukan kepada bolongan kain flanel yang sudah di bentuk sebelumnya.
·         Membuat hiasan yang akan menghiasi produk multi fungsi.
·         Memasarkan produk via online dan langsung di daerah serang.
C.  Pengendalian persediaan
      Kami menyediakan 10 buah produk multi fungsi/hari, namun jika persediaan tersisa kami akan mengurangi jumlah persediaan sesuai penjualan hari sebelumnya.
D.  R&D atau Pengembangan produk
      Kami akan menyediakan berbagai produk kerajinan dari kain flanel bukan hanya produk multi fungi saja untuk menarik perhatian konsumen agar senantiasa membeli produk kami.
E.   Kontrol keuangan
·         Harus selalu tersedia uang tunai , tetapi tidak dalam jumlah yang besar.
·         Menyisihkan modal untuk berjaga-jaga.
·         Tidak menggunakan keuangan perusahaan untuk kepentingan pribadi.
·         Memasukan pendapatan kedalam modal.




F.   Tim manajemen
      Dalam usaha ini kami menggunakan jasa dari kami sendiri dimana kami terdiri dari 3 orang tenaga kerja yang akan turun langsung untuk mengurus segala sesuatu nya. Adapun rencana struktur organisasi yang akan di buat adalah owner, manajer keuangan, manajer produksi, manajer pemasaran, dan staff penjualan.
7.         Analisis Rencana Keuangan
A.  Proyeksi pendapatan
      Sumber pendapatan kami adalah dari iuran awal masing-masing anggota dan keuntungan yang didapatkan. Berikut perhitungan proyeksi dalam satu tahun:
Iuran anggota        = Rp. 300.000/bulan
Harga                    = Rp. 30.000/buah
Pendapatan           :
Pendapatan per bulan        = Rp. 570.000
Pendapatan pertahun        = Rp. 6.840.00
B.  Proyeksi pengeluaran
Tabel Proyeksi Pengeluaran
No
Keterangan
Harga
1
Kain Flanel 3m
Rp 84.000
2
Lem Tembak
Rp 10.000
3
Benang Wol
Rp 14.000
4
Jarum
Rp 5.000
5
Manik-manik
Rp 7.000
6
Resleting
Rp 10.000
7
Kayu Sumpit
Rp 20.000
8
Benang Warna
Rp 5.000
Total
Rp. 155.000

C.  Biaya-biaya Produk kerajinan kain flanel
Nama
Keterangan
Total
Biaya Pulsa
1 bulan
Rp 50.000
Biaya Listrik
1 bulan
Rp 30.000
Biaya Transportasi
1 bulan
Rp 30.000
Total
Rp 110.000












D.  Neraca
Tabel Laporan Neraca Produk Kerajinan Kain Flanel
Kerajinan Kain Flanel
                                                        Periode 2018       
(Dalam Ribuan Rupiah)
 

                           
                            Aktiva                                       Utang dan Modal
                            Aktiva Lancar                           Utang Usaha               0
                            Kas   Rp 300                             Modal              Rp 300
                            Perlengkapan     0
                            Piutang              0
                            Peralatan            0                     
                                                                              Total               Rp 300

                            Total                 Rp 300











Lampiran-lampiran

                                                                                                                           



ningrat wulansari, 25 mei 2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar