A.
Ringkasan Meramu Isi
Tujuan
dari bussnies plan ini adalah untuk mengembangkan kreativitas mahasiswa yang
memiliki kemauan untuk membuat bisnis kerajinan tangan yang berbahan dasar dari
kain flanel dan bahan bekas yang sudah tidak terpakai tujuan nya untuk
memanfaatkan bahan yang tidak terpakai agar memiliki nilai jual di pasaran,
nama bisnis ini adalah MaNiNo produk. Produk yang dibuat adalah tempat serba
guna, tempat serba guna ini memiliki banyak sekali kegunaan nya bisa juga
dijadikan hiasan. Dana yang kami pergunakan dari dana kami pribadi, adapun
target kami untuk kedepan nya akan membuat tempat serba guna ini lebih menarik
lagi dengan inovasi baru serta dalam modelnya itu bisa disesuaikan dengan
pesanannya serta kami akan membuat kerajinan tangan lain nya atau produk yang
disesuaikan dengan kebutuhan sehari-hari Jumlah modal nya adalah sebesar Rp.155.000
1. Ringkasan
eksekutif
MaNiNo
produk adalah bisnis yang menawarkan tempat serba guna untuk kebutuhan
sehari-hari dengan berbagai bentuk dan hiasan yang menarik yang unik dari MaNiNo
produk ini selain untuk tempat serba guna seperti untuk tempat pensil, tempat
make up dan lain sebagai nya tetapi juga bisa untuk hiasan di rumah karena
bentuk nya yang lucu dan terbentuk seperti tokoh kartun yang disukai anak-anak
dan bisa juga disesuaikan dengan keinginan pembeli. Bisnis MaNiNo produk ini
akan menghasilkan keuntungan bagi pemiliki dan pejalan bisnis ini karena dari
bahan-bahan nya untuk pembuatan tempat serba guna ini sangat mudah didapatkan.
a. konsep
bisnis
Konsep
bisnis ini kami terinspirasi dari kebutuhan kami sendiri dimana konsep ini
diambil karena kami melihat pada kebutuhan kami sehari-hari dimana kami merasa
butuh dengan tempat serba guna ini tempat ini bisa di pergunakan untuk
menyimpan barang seperti alat make up, alat tulis serta dapat juga dijadikan
tempat menyimpan uang . Yang sesuai dengan nama nya tempat serba guna
b. Misi
perusahaan
a) Menggunakan bahan baku yang baik
b) Menggunakan bahan yang ramah
lingkungan
c) Menggunakan peralatan yang aman
d) Menghasilkan produk dengan bahan
yang mudah didaur ulang
e) Menarik konsumen dengan
produk-produk yang unik dengan harga yang terjangkau
f) Memberikan pelayanan yang memuaskan
kepada pelanggan / konsumen dengan memilih hiasan sesuai pesanan
g)
Memuaskan
konsumen dengan menciptakan produk-produk yang baru di kalangan masyarakat
MaNiNo
produk berusaha untuk membuat kerajinan tangan yang bentuk nya bervariasi dan
unik dengan harga terjangkau serta memanfaatkan bahan yang sudah tidak terpakai
agar menjadi produk yang bisa diminati masyarakat.
c. Produk
Produk
yang kami buat adalah tempat serba guna dimana tempat serba guna ini bisa
digunakan berbagai kalangan mulai dari orang dewasa hingga anak-anak tempat
serba guna ini bisa di jadikan hiasan di rumah dan juga tempat pensil, tempat
muke up dan sebagainya. Tempat serba guna ini model nya dapat di buat sesuai
dengan kemampuan sendiri contohnya bisa di buat dari tokoh kartun yang anak
sukai . Bahan nya pun mudah untuk di temukan karena kami menggunakan bahan
dasar kain flanel selain tempat serba guna ini di MaNiNo produk juga membuat
dompet yang yang bisa digunakan untuk tempat menyimpan uang ataupun tempat lain
.
d. Persaingannnya
MaNiNo
produk ini dapat bersaing dipasaran karena dari kualitas dan harga nya pun yang
sangat terjangkau. Karena MaNiNo produk ini memiliki keunikan tersendiri dimana
bentuk kan nya bisa di sesuaikan dengan keinginan pembeli dan juga bisa dibuat
dengan contoh karakter tokoh kartun yang di sukai.
e. Target
pasarnya
Sasaran
kami adalah seluruh masyarakat dari segala usia. Untuk itu kami memulai promosi
dari daerah sekitar tempat tinggal kami serta melakukan promosi pada rekan
mahasiswa di kampus, karena kami menganggap promosi akan lebih efektif jika
terjadi dalam suatu kelompok. Selain itu kami juga mempunyai rumah produksi
yang siap didatangi siapa saja dan siap melayani pemesanan.Untuk itu kami
menggalakkan promosi di berbagai media social, seperti facebook dll. Hal ini
kami maksudkan untuk memberi kemudahan dalam pemesanan dan pembelian produk
kami. Selain kepada teman-teman terdekat kami juga akan mentargetkan kepada
anak-anak yang ada disekitar kami .
f. Strategi
pemasaran
Berikut
ini adalah strategi pemasaran yang kami lakukan :
1.
Kebijakan Produk
Usaha
ini bergerak di bidang produk, yaitu MaNiNo produk. Bisnis ini menjual produk
berupa kerajinan tangan yang berupa tempat serba guna yang memiliki berbagai
fungsi yang dapat di gunakan dalam kebutuhan sehari-hari.
2.
Kebijakan Harga
Harga
masih merupakan faktor yang perlu mendapat perhatian khusus agar pangsa pasar
yang dituju dapat dicapai karena sesuai dengan tingkat pendapatan mereka. Oleh karena itu kami menawarkan harga
yang cukup terjangkau oleh masyarakat khususnya mahasiswa dengan harga mulai
Rp 30.000.
3.
Kebijakan Promosi
Untuk
meningkatkan pangsa pasar maka perlu dilakukan Promosi, bentuk promosi yang
akan kami lakukan antara lain memasarkan produk langsung ke calon pembeli.
g. Tim
manajemen
Tim
manajemen utama dibentuk oleh para pendiri, yang merupakan mahasiswa upi kampus
serang dengan tools yang dipelajari pada perkuliahan diharapkan dapat berpikir
dan membantu bertindak tim manajemen dalam menjalankan bisnisnya.
h. Keuangan
Keuangan
ini atau modal kami dapatkan dari tim kami sendiri dimana kami terdiri dari 3
orang jadi modal yang kami pergunakan adalah modal sendiri Adapun ringkasan
dari modal tersebut sebagai berikut.
No
|
Keterangan
|
Harga
|
1
|
Kain Flanel 3m
|
Rp 84.000
|
2
|
Lem Tembak
|
Rp 10.000
|
3
|
Benang Wol
|
Rp 14.000
|
4
|
Jarum
|
Rp 5.000
|
5
|
Manik-manik
|
Rp 7.000
|
6
|
Resleting
|
Rp 10.000
|
7
|
Kayu Sumpit
|
Rp 20.000
|
8
|
Benang Warna
|
Rp 5.000
|
Total
|
Rp. 155.000
|
2. Gambaran Perusahaan
a.
Identitas Perusahaan
Nama Produk : MaNiNo,
adapun nama tersebut diambil dari singkatan nama kami yang mengelola produk ini
yaitu : Isma, Ningrat, Novi. Adapun
lokasi pembuatan produk ini di Kampus UPI Serang, setiap sore atau siang hari
kami cicil untuk pembuatannya, serta produk individu pun ada yang dibuat di
tempat kita masing-masing. Contohnya dompet mini.
b.
Visi
Menyalurkan aspirasi melalui
kerajin dari kain Flanel untuk lebih mendorong jiwa kewiraswastaan hingga
menjadikan benda yang memiliki daya guna yang bermanfaat untuk penyimpanan
tempat kebutuhan, sehingga Menghasilkan
produk yang berkualitas, ramah lingkungan dan disenangi masyarakat serta mampu
memberikan pelayanan bagi konsumen.
Misi
:
1. Menggunakan bahan baku yang baik
2. Menggunakan bahan yang ramah
lingkungan
3. Menggunakan peralatan yang aman
4. Menghasilkan produk dengan bahan
yang mudah didaur ulang
5. Menarik konsumen dengan
produk-produk yang unik dengan harga yang terjangkau
6. Memberikan pelayanan yang memuaskan
kepada pelanggan / konsumen dengan memilih hiasan sesuai pesanan
7. Memuaskan konsumen dengan
menciptakan produk-produk yang baru di kalangan masyarakat
Manino
produk berusaha untuk membuat kerajinan tangan yang bentuk nya bervariasi dan
unik dengan harga terjangkau serta memanfaatkan bahan yang sudah tidak terpakai
agar menjadi produk yang bisa diminati masyarakat.
Kewirausahaan
melingkupi dari Pengetahuan dan kebijakan yang tumbuh dan berkembang dalam
sebuah komunitas. Untuk menguatkan pendidikan perlu membangun karakter pemuda
berbasis kearifan lokal sejak dini melalui jalur pendidikan diangap sebagai
langkah yang tepat. Sekolah sangat berperan penting dalam mewujudkan pendidikan
dalam lembaga formal. Pendidikan di Sekolah merupakan bagian dari system
pendidikan Nasional yang memiliki peranan yang sangat penting dalam
meningkatkan sumber daya manusia, melalui pendidikan di Sekolah diharapkan akan
menghasilkan sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas karena pendidikan
karakter di Sekolah merupakan penanaman nilai-nilai karakter melalui menanamkan
wirausaha kepada peserta didik. Untuk mewujudkan karakter bangsa yang berbudi
luhur, sopan, santun, ramah tamah, gotong royong, disiplin, taat aturan dalam
kondisi yang telah di tetapkan oleh lingkungan sekitar, maka hal tersebut
memerlukan pembiasaan dan keteladanan dari semua unsur pendidikan di Sekolah.
c. Gambaran Tentang Produk
Gantungan tempat Multi Fungsi dari Kain Flanel MaNiNo Produk merupakan bisnis
perdagangan hasil karya yang bertujuan untuk mengurangi bahan yang sudah tidak layak pakai
menjadi bahan yang bisa di daur ulang, khususnya memberikan peluang pekerjaan
sampingan untuk kita Selain itu, gantungan tempat Multi Fungsi iniyang terbuat
dari kain flanel ini juga merupakan hasil karya produksi yang ramah lingkungan dan
bermanfaat untuk anak-anak menyimpan peralatan alat tulis nya.
Dilihat dari prospek usaha gantungan
tempat multi fungsi dari kain flanel sangat berpotensi untuk menjadi usaha sampingan untuk kita
sebagai mahasiswa yang hendaknya kenal dengan kewirausahaan. Selain itu
tugasnya untuk membantu memudahkan dalam penyimpanan peralatan yang kecil-kecil
seperti penghapus, jangka dll. Jam operasional kegiatan usaha gantungan
tempat multi fungsi kain flanel ini pada siang hari, dan sore hari. Namun dalam proses pembuatan
gantungan tempat multi fungsi dari kain flanel, jam bekerjanya dimulai pada
siang hari seusai kami
pulang dari kampus Tahap awal yang dilakukan dalam membangun usahanya yaitu
dengan melakukan promosi melalui Media Sosial, dan saat
penampilan di Aula Lembaga saat
UAS Kewirausahaan bersama teman sekelas, disana produk kami ada yang minat dan
melakukan pembelian. MaNiNo pun melakukan promosi dari mulut ke mulut agar
lebih banyak lagi masyarakat
UPI Kampus Serang yang mengetahui mengenai bisnis gantungan
tempat Multi fungsi dari kain flanel tersebut.
d. Kepemilikan
Produksi yang dijalankan dalam usaha gantungan
tempat Multi Fungsi
dari kain flanel ini
adalah dengan iuran kami dalam
pembuatan produk MaNiNo ini masih berskala kecil untuk awalnya maka para anggota kelompok ini yang
mempersiapkan keseluruhan sistem produksinya.
Teknis
pembuatan atau produksi dari gantungan tempat Multi Fungsi dari kain
flanel ini adalah
dengan membeli bahan baku berupa kain flanel, benang wol, lem
tembak, jarum, gunting, dan lain sebagainya.
Keseluruhan
bahan baku yang digunakan untuk membuat gantungan tempat Multi fungsi
dari kain flanel yang kemudian
siap dijual. Pembuatan gantungan kunci ini dilakukan pada siang hari, dan sore hari dan
penjualannya dilakukan mulai dari
kemarin saat Mata Kuliah Kewirausahaan mengadakan pembukaan hasil produk pada sore hari.
Gantungan multi fungsi dari kain flanel yang sudah jadi tersebut kemudian dimasukkan kedalam
kemasan yang menarik dengan menggunakan merek dagang gantungan multi
fungsi dari kain flenal MaNiNo
Produk dibuat oleh Isma, Ningrat Novi.
3. Strategi Pemasaran
a) Gambaran Pasar
MaNiNo Produk adalah kewirausahaan bidang kerajinan yang
memasarkan pernak pernik berupa aksesoris gantungan tempat Multi Fungsi, dompet,
yang berkualitas, ramah lingkungan, mendaur
ulang bahan bekas, dan disegani masyarakat. Sasaran pemasaran kami yaitu
seluruh masyarakat khususnya daerah tempat UPI Kampus Serang. Aksesoris berupa pernak pernik gantungan
tempat Multi Fungsi yang berbahan dasar kain flanel ini bergambar kartun lucu bisa untuk
anak-anak, remaja ataupun berbagai kalangan masyarakat yang menginginkannya. Untuk
kedepannya tak hanya
itu, MaNiNo Produk juga memproduksi berbagai macam boneka, dompet, hiasan pintu
dari benang woll yang juga terbuat dari
kain flannel yang masih dalam wacana. Untuk menarik konsumen, MaNiNo saya juga menerima pemesanan produk
sesuai dengan keinginan konsumen, misalnya gantungan multi fungsi ini dengan
nama konsumen tersebut.
b) Ukuran Pasar
Produksi dalam produk MaNiNo cukup
terjangkau, kami bisa membuat sehari ketika ada pesanan. Penjualan produk kami dipasarkan di Kampus
UPI Serang,
teman sekelas, dan masyarakat karena bisa untuk hadiah ulang tahun ataupun
koleksi untuk anak-anak. Perencanaan kami juga akan mempasarkan Produk MaNiNo
ini di rumah kami masing-masing dengan membuat produksi tambahan setelah itu di
pasarkan kepada teman-teman dirumah, dan ibu-ibu kami melakukan survei dan kunjungan ke
tempat-tempat yang ramai seperti Alun-alun Serang untuk dapat menambah omset
penjualan produk usaha MaNiNo ini. Potensi pasar yang kami lakukan miliki cukup besar, karena
didukung oleh sasaran pasar yaitu para remaja dan anak-anak serta tren mode
yang semakin menarik.
c) Peluang Strategis
Sebelum melaksanakan suatu usaha baru, kita perlu mengetahui
hal-hal atau aspek-aspek yang berpengaruh terhadap usaha tersebut. Hal tersebut
diantaranya adalah aspek kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Dengan
melakukan analisis terhadap hal-hal tersebut diharapkan usaha akan berjalan
lancar dan sukses. Berikut adalah beberapa hal dari masing-masing aspek diatas
:
1. Kekuatan yang dapat mendukung untuk
mencapai sasaran usaha MaNiNo
a) Membuka tempat aksesoris gantungan
tempat Multi Fungsi dari kain flanel tidak akan mengalami kerugian yang besar seandainya usaha
tersebut tidak berjalan, karena disini modal pemilik diinvestasikan dalam
bentuk aksesoris flanel, jadi seandainya produk tidak laku dijual, produk
tersebut bisa dijual ke tempat lain
b) Jumlah pengeluaran yang dibutuhkan
tidak begitu besar karena sebagian bahan baku bisa diperoleh dari limbah kain
dari bahan rumahan dan grosiran aksesoris. Selain itu, bahan baku yang
dihasilkan bervariasi dan biayanya terbilang cukup murah.
c) Jika tidak kreatif dan tidak berusaha mencari model-model aksesoris
yang baru maka MaNiNo Produk akan ketinggalan serta dapat mengalami penurunan yang cukup
besar
d) Peluang usaha Peluang terbesar dari
Produk MaNiNo kami terletak pada peminat/konsumen dan ke strategisan letak
usaha kami.
e) Memberikan keuntungan yang maksimal.kepada
Produsen dan Konsumen dengan memberikan
barang yang memuaskan, sehingga pelanggan akan menceritakan barang yang disukai
kepada teman-temannya melalui mulut ke mulut.
f) Permintaan pasar yang meningkat pada
perayaan hari-hari tertentu, dan hari-hari spesial seperti dengan pesanan untuk kado ulang
tahun.
g) Banyaknya jenis usaha yang sama
sebagai pesaing Persaingan dalam pemasaran yang semakin ketat harus di
perhatikan karena akan menjatuhkan Produk pemasaran yang di buat dengan hasil
mesin jahit daripada dengan jahit tangan atau menggunakan Lem tembak. Konsumen
lebih pada produk yang langsung jadi, sedangkan MaNiNo Produk menggunakan hasil
jahit dompet tangan, dan tempat multi fungsi menggunakan lem tembak.
h) Mahalnya biaya iklan yang dibutuhkan
untuk memasarkan produk agar menjadi lebih terkenal di kalangan masyarakat,
tetapi kami menggunakan lebel yang yang lumayan menarik perhatian masyarakat
dan warga UPI Kampus Serang.
d.) Karakteristik Pasar
Perkembangan
ilmu pengetahuan dan teknologi telah mendorong kemajuan - kemajuan di berbagai
bidang termasuk bidang ekonomi. Saat ini banyak kita jumpai barang-barang yang
berkualitas dan beragam. Fenomena baru menunjukkan bahwa banyak orang yang
menghendaki kepraktisan dan kemudahan. Hal tersebut mendorong para wirausaha
untuk memanfaatkan peluang dengan menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi
yang semakin maju sehingga diperoleh keuntungan. Berbagai inovasi dan temuan
produk yang kreatif untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia antara lain:
handphone, tempat penyimpanan yang praktis, lemari segala barang masuk dll,
dalam hal ini mereka lebih menyukai dan memilih produk luar dibandingkan dengan
hasil kerajinan sendiri asal Indonesia yang dimana bahan yang dibuat bisa
menjadi bahan pembelajran dan ramah lingkungan dengan cara mendaur ulang
barang-barang bekas menjadi barang yang bisa digunakan dalam pemenuhan
kebutuhan sehari-hari, seperti hal nya tempat Multi Fungsi ini yang kerap tanpa
kita sadari untuk kepraktisan penyimpanan barang-barang yang praktis sehingga
barang tersebut mudah dicari, memang pada kenyataan nya MaNiNo Produk ini belum
sepenuhnya maksimal rapih dalam pembuatannya, tetapi kita menjual nya pun
sesuai dengan kualitas barang yang di pasarkan, karena dengan membantu dalam
pembuatan produk ini kami memudahkan masyarakat dalam penyimpanan barang dengan
tempat Multi fungsi ini yang dimana dalam pembuatannya pun ramah lingkungan
mendaur ulang bahan-bahan bekas menjadi bahan yang bermanfaat untuk kita pakai
bersama.
4. Analisis
Persaingan
Dilihat lokasinya, target pasar kami belum ada yang
menjalankan usaha dalam jenis yang sama dengan usaha yang akan kami jalankan.
Tetapi dalam bidang yang sama, yaitu bidang kerajinan dari kain flanel, disana
sudah ada usaha seperti gantungan kunci, tempat HP, dan bucket bunga dari kain
flanel. Namun untuk jenis produk yang seperti kami jual yaitu “Tempat
Multifungsi” belum terdapat di lokasi target pasar kami, adapun beberapa nama
pesaing potensial yang sudah mulai terkenal dalam bidang penjualan kerajinan
dari kain flanel adalah:
A.
KV_STORE
B.
RIRIZ_COLECTION
Nama-nama pesaing tersebut sudah terkenal dan mereka juga
menjual produknya melalui sosial media serta menggunakan jasa situs penjualan
online yaitu Tokopedia, namun disini kami merasa kuat karena dari semua produk
yang mereka jual tidak ada produk yang serupa dengan produk kami yaitu “Tempat
Multifungsi” sehingga hal tersebut menjadikan peluang kami dalam menjalankan
usaha ini kami beranggapan bahwa produk yang kami jual akan laku dipasaran.
Adapun kelebihan dari produk kami adalah:
A.
Belum
ada perusahaan lain yang memproduksi produk sejenis dengan produk yang kami
jual yang bernama”Multi Fungsi”.
B.
Produk
Multi Fungsi ini sangat memiliki banyak manfaat bagi pemiliknya dimana kegunaan
dari produk ini bisa digunakan untuk hiasan ruang tamu/kamar, bisa digunakan
untuk tempat make up, untuk tempat hp, alat tulis, buku-buku kecil dan juga
bisa dijadikan sebagai tempat photo.
C.
Tempat
gantungan dari produk kami memiliki daya tampung yang kuat sehingga ketika
beban nya berat tidak akan terjadi kerusakan.
5. Rencana Desain dan Pengembangan
A.
Tujuan
usaha jangka panjang
Menjadi salah satu produk kerajinan dari kain flanel yang
memiliki kualitas baik dan menarik khususnya di daerah Serang dengan berbagai
macam produk, produk unggulannya yaitu “Tempat Multifungsi” yang memiliki
berbagai macam karakter lucu dan unik agar penbeli tidak bosan untuk membeli
produk yang kami jual.
B.
Strategi
Strategi yang akan kami gunakan untuk memasarkan dan
memperkenalkan produk kami ke pasaran yaitu dengan cara mempromosikannya
melalui teman terdekat terlebih dahulu agar mereka dapat mempromosikan kembali
kepada rekan-rekan nya, menggencarkan pengiklanan melalu media sosial yang kami
miliki seperti FB,WA,IG,dan Twitter ataupun kami akan menjual secara langsung
kepada konsumen.
C. Sasaran-sasaran
dan jadwal pencapaian (milestones)
Sasaran
yang kami tuju untuk produk ini adalah daerah sekitar serang khususnya
mahasiswa UPI kampus Serang, para dosen UPI Serang dan ibu-ibu sekitar UPI
Serang.
Tabel 3.1 Jadwal Pencapaian
No
|
Kegiatan
|
Bulan ke-1
|
Bulan ke-2
|
Bulan ke-3
|
Bulan ke-4
|
Bulan ke-5
|
1
|
Produksi
|
20
|
25
|
30
|
35
|
40
|
2
|
penjualan
|
19
|
23
|
29
|
33
|
39
|
D. Evaluasi resiko
Tidak
bisa terlalu berat beban nya karena pegangannya bisa patah, sehingga ada batas
maksimal untuk menyimpan barang di tempat multi fungsi tersebut yaitu tidak
lebih dari 1kg.
E. Exit plan
Kami
akan memberikan potongan harga sebesar 5% untuk pembelian dan pemesanan pada
setiap hari sabtu.
6. Rencana operasi dan manajemen
A.
Fasilitas
Menyediakan layanan pemesenan via online seperti
FB,WA,IG,dan Twitter, sms dan telpon serta menyediakan pesanan secara langsung
ataupun siap mengantar pesanan terbatas di area daerah Serang.
B.
Proses
Produksi
·
Pembelian
bahan-bahan dan alat-alat pembuatan seperti kain flanel, benang wol, lem
tembak, jarum, kayu sumpit, manik-manik, gunting, resleting, dan benang warna.
·
Menyiapkan
bahan-bahan dan alat-alat yang akan digunakan.
·
Membuat
pola sesuai yang diinginkan.
·
Memanaskan
lem tembak untuk menempel pola yang sudah dibuat ke atas alas yang terbuat dari
kain flanel.
·
Melilit
kayu sumpit dengan benang wol agar terlihat menarik dan rapih, kayu sumpit berfungsi
menyangga kain flanel.
·
Setelah
kayu sumpit selesai dililit selanjutnya dimasukan kepada bolongan kain flanel
yang sudah di bentuk sebelumnya.
·
Membuat
hiasan yang akan menghiasi produk multi fungsi.
·
Memasarkan
produk via online dan langsung di daerah serang.
C. Pengendalian
persediaan
Kami
menyediakan 10 buah produk multi fungsi/hari, namun jika persediaan tersisa
kami akan mengurangi jumlah persediaan sesuai penjualan hari sebelumnya.
D. R&D atau
Pengembangan produk
Kami
akan menyediakan berbagai produk kerajinan dari kain flanel bukan hanya produk
multi fungi saja untuk menarik perhatian konsumen agar senantiasa membeli
produk kami.
E. Kontrol
keuangan
·
Harus
selalu tersedia uang tunai , tetapi tidak dalam jumlah yang besar.
·
Menyisihkan
modal untuk berjaga-jaga.
·
Tidak
menggunakan keuangan perusahaan untuk kepentingan pribadi.
·
Memasukan
pendapatan kedalam modal.
F. Tim manajemen
Dalam usaha ini kami menggunakan jasa dari kami sendiri
dimana kami terdiri dari 3 orang tenaga kerja yang akan turun langsung untuk
mengurus segala sesuatu nya. Adapun rencana struktur organisasi yang akan di
buat adalah owner, manajer keuangan, manajer produksi, manajer pemasaran, dan
staff penjualan.
7. Analisis
Rencana Keuangan
A. Proyeksi pendapatan
Sumber pendapatan kami adalah dari iuran awal
masing-masing anggota dan keuntungan yang didapatkan. Berikut perhitungan
proyeksi dalam satu tahun:
Iuran
anggota = Rp. 300.000/bulan
Harga = Rp. 30.000/buah
Pendapatan
:
Pendapatan
per bulan = Rp. 570.000
Pendapatan
pertahun = Rp. 6.840.00
B. Proyeksi pengeluaran
Tabel Proyeksi Pengeluaran
No
|
Keterangan
|
Harga
|
1
|
Kain Flanel 3m
|
Rp 84.000
|
2
|
Lem Tembak
|
Rp 10.000
|
3
|
Benang Wol
|
Rp 14.000
|
4
|
Jarum
|
Rp 5.000
|
5
|
Manik-manik
|
Rp 7.000
|
6
|
Resleting
|
Rp 10.000
|
7
|
Kayu Sumpit
|
Rp 20.000
|
8
|
Benang Warna
|
Rp 5.000
|
Total
|
Rp. 155.000
|
C. Biaya-biaya Produk kerajinan kain flanel
Nama
|
Keterangan
|
Total
|
Biaya Pulsa
|
1 bulan
|
Rp 50.000
|
Biaya Listrik
|
1 bulan
|
Rp 30.000
|
Biaya Transportasi
|
1 bulan
|
Rp 30.000
|
Total
|
Rp 110.000
|
D. Neraca
Tabel Laporan Neraca Produk Kerajinan Kain Flanel
Kerajinan Kain Flanel
Periode
2018
(Dalam Ribuan Rupiah)
Aktiva Utang
dan Modal
Aktiva Lancar Utang Usaha 0
Kas Rp 300 Modal Rp 300
Perlengkapan 0
Piutang 0
Peralatan 0
Total Rp 300
Total Rp 300
Lampiran-lampiran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar