A. Latar Belakang
Skripsi yang dibuat oleh penulis bukan tanpa sebab ,
melainkan ia melihat kenyataan dilapangan bahwa banyak anak usia dini yang
mengalami kesulitan ketika melakukan kegiatan melipat kertas origami padahal
seni melipat kertas origami sendiri mampu meningkatkan motorik halus pada anak
usia dini. Perkembangan motorik halus ini sangatlah penting bagi anak usia dini
karena dengan pengembangan motorik halus ini dapat melatih koordinasi anak
antara mata dan jari-jari tangannya sehingga anak dapat berkreasi.
Khususnya
peneliti melihat bahwa anak usia dini di TK IT La-Royba Kelompok B1 banyak yang
masih kesulitan dalam seni melipat kertas origami walaupun yang mudah yaitu
menjadi bentuk ikan, sehingga peneliti melakukan sebuah penelitian melalui media
origami yang dihubungkan dengan meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak.
Permasalahan tersebut terjadi karena hasil dari wawancara
peneliti kepada gurunya bahwa kelompok B1 mengenai kegiatan melipat kertas
origami ini sangat jarang dilakukan, sehingga masih banyak anak yang belum bisa
melakukannya. Dan hal ini sangat merugikan bagi anak karena apabila penelitian
ini tidak dilakukan anak akan terkena dampak dari gurunya yang tidak kreatif
sehinga kemampuan motorik halus pada anak tidak akan berkembang.
Maka
dari itu peneliti menggunakan media origami untuk meningkatkan kemampuan
motorik halus anak. Karena dengan menggunakan media origami anak dapat
mengkoordinasikan antara mata dengan jari jemarinya. Hal ini pernah dilakukan
penelitian oleh Atik Mulyati mengenai peningkatan motorik halus melalui origami
kelompok A TK Kusuma Baciro Gondokusuman Yogyakarta dengan berhasil.
B. Rumusan Masalah
Dari hasil anilisis bahwa rumusan masalah yang ada dalam
skripsi dituangkan dalam pertanyaan penelitian. Di dalam skripsi ini antara
rumusan masalah dengan pembahasan hasil penelitian saling berkaitan, artinya
peneliti ketika menuliskan pembahasan hasil penelitian ia melihat rumusan
masalahnya lebih dulu agar antara pembahasan hasil penelitian dan rumusan masalah
itu nyambung , sehingga pembahasan hasil penelitian tersebut tidak keluar dari
jalurnya. Namun dalam penulisan rumusan masalah ini memiliki kekurangan karena
tidak ada rumusan masalah secara umum yang ada hanya rumusan masalah secara
khusus saja.
Untuk
tujuan penelitian yang ada pada skripsi ini sudah sesuai dimana tujuannya sudah
mencakup jawaban dari pertanyaan penelitian. Disini tujuannya mencakup secara
khusus mengenai peningkatan motorik halus anak melalui media origami di TK IT
La-Royba Kelompok B1 yang dituangkan dalam bentuk butir-butir yang spesifik
mengacu pada pertanyaan-pertanyaan penelitian dalam rumusan masalah, serta
tujuan dalam penelitian ini sudah terkait dengan tujuan perbaikan.
C. Landasan Teoritis
Dari hasil analisis variabel penelitian yang ada dalam
skripsi ini cukup diuraikan secara lugas. Karena disini yang menjadi variabel
yaitu media origami dan motorik halus , peneliti dengan jelas menjelaskan
hubungan antara media origami dalam pembelajaran dengan meningkatkan motorik halus
anak usia dini dengan menggunakan media origami.
Didalam
skripsi ini tidak terdapat kerangka pemikiran , seharusnya kerangka pemikiran
ada di bab II sedangkan pada skripsi ini tidak ada pada bab II hanya membahas
mengenai Penggunaan Media Origami dan Kemampuan Motorik Halus, Penelitian
Terdahulu, dan Hipotesis.
D. Metodologi Penelitian
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam skripsi ini
adalah menggunakan pendekatan kuantitatif . karena dari hasil analisis dalam
skripsi ini ada data hasil dari penelitian yang berupa angka-angka dan analisis
menggunakan statistik serta hasil dari penelitiannya konkrit/empiris, obyektif,
terukur, rasional, dan sistematis.
Metode
penelitian dalam penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK).
Karena dari hasil anilisis ini peneliti memaparakan terjadinya sebab-akibat
dari awal pemberian perlakuan sampai dengan dampak perlakuan untuk mengangkat
masalah-masalah belajar kegiatan anak di kelas yang dilakukan oleh guru untuk
meningkatkan pembelajaran di dalam kelas secara profesional.
Teknik
pengumpulan data yang dilakukan peneliti dalam skripsi ini adalah melalui
observasi dan dokumentasi di TK IT La-Royba khususnya di kelas BI karena
peneliti melihat di kelas B1 sendiri jarangnya media pembelajaran menggunakan
kertas origami. Observasi yang peneliti lakukan dengan melihat dan melakukan
kegiatan pembelajaran bersama anak dengan menggunakan media kertas origami
sehingga dengan begitu peneliti lebih mudah ketika mencatat aktivitas yang
terjadi selama proses pembelajaran dan melalui dokumentasi peneliti bisa lebih
mudah dalam melengkapi penelitian.
Teknik
pengolahan data dalam skripsi ini menggunakan teknik pengolahan data
kuantitatif. Karena data yang ada di dalam skripsi ini berwujud angka-angka dan
di tuangkan dalam bentuk statistika.
E. Pembahasan Hasil Penelitian
Dari hasil analisis bahwa dalam skripsi ini hasil temuan
penelitian diuraikan dalam bentuk angka dan kata. Karena di dalam skripsi ini
peneliti menguraikan temuan nya melalui bentuk kata (narasi) dan angka. Serta
temuan dari penelitian ini juga diuraikan melalui data statistik.
Didalam
skripsi ini terdapat pembuktian hipotesis penelitian dimana berdasarkan
penelitian dari pra-siklus sampai dengan siklus II mengenai penelitian tindakan
kelas dengan judul “Penggunaan Media Origami Untuk Meningkatkan Kemampuan
Motorik Halus Anak Usia Dini Kelompok B1 TK IT La-Royba” Kecamatan Walantaka
Kota Serang, dapat diterapkan di sekolah oleh guru dan mampu meningkatkan
kemampuan motorik halus anak usia dini. Dimana dengan menggunakan media kertas
origami mampu meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini kelompok B1
TK IT La-Royba.
Temuan
penelitian dalam skripsi yang disusun oleh Diah Robiatun Mardhiyah tentang
penggunaan media origami untuk kemampuan motorik halus anak usia dini kelompok
B1 TK IT La-Royba dikuatkan oleh pendapat dan teori menurut beberapa ahli
seperti:
a)
Menurut
Haziah (2015, hal 3) origami adalah seni melipat kertas yang berasal dari
jepang.
b)
Menurut
Sumanto (Mulyati , 2014, hlm 34-35) melipat kertas atau origami adalah suatu
teknik berkarya seni /kerajinan tangan yang umumnya dibuat dari bahan kertas, dengan
tujuan untuk menghasilkan aneka bentuk mainan , dll.
c)
Menurut
Sumantri (Mulyati, 2014, hlm 35) melipat merupakan kegiatan keterampilan tangan
untuk menciptakan bentuk-bentuk tertentu tanpa menggunakan bahan perekat (lem).
d)
Menurut
Sukarti (Kusumastuti, 2014, hlm 17-22) manfaat dari media origami adalah anak
belajar meniru/mengikuti, anak belajar berkreativitas, anak belajar
berimajinasi, anak belajar berkarya (seni), anak belajar menghargai
/mengapresiasi, anak belajar membuat model, anak belajar membuat mainannya
sendiri, anak belajar membaca diagram/gambar, anak belajar menemukan solusi
bagi persoalannya , dan anak belajar perbandingan (proporsi) dan berpikir
matematis.
Dapat diambil kesimpulan bahwa tidak ada pertentangan
antara teori yang diambil dengan pendapat penulis itu sendiri.
Penelitian yang dilakukan oleh peneliti dalam skripsi ini
terdapat penguatan dari penelitian terdahulu, dimana ada beberapa penelitian
terdahulu yang relevan dengan penelitian tentang penggunaan media origami untuk
meningkatkan motorik halus anak usia dini kelompok B1 TK IT La-Royba Kecamatan
Walantaka Kota Serang. Dan sebelumnya ada peneliti bernama Atik Mulyati (2014)
skripsinya berjudul “Peningkatan keterampilan motorik halus melalui origami
pada anak kelompok A TK Kusuma Baciro Gondokusuman Yogyakarta”. Metode
penelitian yang digunakan yaitu ketelitian, kecepatan, dan kerapihan. Dengan
hasil pada prasiklus 39,47%, siklus 1 50,86%, siklus II 60,33%, dan pada siklus
III 78,94%. Maka dapat disimpulkan pada penelitian ini menunjukan bahwa
peningkatan keterampilan motorik halus dapat dilakukan melalui media origami.
F. Keseluruhan Skripsi dan Judul Skripsi
Dari keseluruhan hasil analisis yang dilakukan terhadap
skripsi yang disusun oleh Diah Robiatun Mardhiyah ini sudah bagus karena
penyususannya sudah memiliki sistematika yang beraturan. Dan pada bagian pokok
skripsi sudah tepat yaitu terdiri atas bab pendahuluan, kajian pustaka, metode
penelitian, hasil penelitian serta kesimpulan dan saran. Hasil penelitian
disini dimuat sebanyak V bab sesuai banyak nya materi yang akan disajikan dan
perlunya pemilihan materi.
Penulisan skripsi ini merupakan jenis penelitian kuantitaif
yang dimana, penelitian kuantitaif ini merupakan jenis penelitian yang dapat
dipercaya keasliannya.
Judul
skripsi yang dimuat oleh penulis yaitu “Penggunaan Media Origami Untuk
Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini Kelompok B1 TK IT La-Royba Kecamatan
Walantaka Kota Serang” sudah bagus dan bahasa nya mudah dipahami oleh orang
lain.
G. Identitas Penulis Skripsi dan Judul
Skripsi
Nama :
Diah Robiatun Mardhiyah
Tempat/Tanggal
Lahir : Majalengka, 18 Oktober 1995
Jumlah Saudara :
Anak ke-4 dari 4 bersaudara
Alamat :
Gang Arkasim Jalan KH.Abdul Halim No.729 rt/rw 02/08 Majalengka Kulon, Jawa Barat.
Nama Ayah :
Mahmudin
Nama Ibu :
Chonariyah
Riwayat Pendidikan
PAUD : TK Al-Marhamah PUI Majalengka
tahun 2000
SD : SD Majalengka Kulon II tahun 2001
SMP : Mts.
Daarul Uluum PUI Majalengka tahun 2007
SMA : SMKN 1 Majalengka tahun 2010
Perguruan Tinggi : UPI Kampus Serang tahun 2013
Jurusan :
PG-PAUD
Fakultas :
Fakultas Ilmu Pendidikan
Riwayat Organisasi :
Permata Ilmu ( 2014-2015)
HIKMA PAUD (2015-2016)
Judul Skripsi : Penggunaan Media
Origami Untuk
Meningkatkan Motorik Halus Anak
Usia Dini Kelompok B1 TK IT La-
Robya Kecamatan Walantaka Kota
Serang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar