Jumat, 18 Mei 2018

contoh laporan hasil analisis skripsi



A.        Latar Belakang
            Skripsi yang dibuat oleh penulis bukan tanpa sebab , melainkan ia melihat kenyataan dilapangan bahwa banyak anak usia dini yang mengalami kesulitan ketika melakukan kegiatan melipat kertas origami padahal seni melipat kertas origami sendiri mampu meningkatkan motorik halus pada anak usia dini. Perkembangan motorik halus ini sangatlah penting bagi anak usia dini karena dengan pengembangan motorik halus ini dapat melatih koordinasi anak antara mata dan jari-jari tangannya sehingga anak dapat berkreasi.
            Khususnya peneliti melihat bahwa anak usia dini di TK IT La-Royba Kelompok B1 banyak yang masih kesulitan dalam seni melipat kertas origami walaupun yang mudah yaitu menjadi bentuk ikan, sehingga peneliti melakukan sebuah penelitian melalui media origami yang dihubungkan dengan meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak.
            Permasalahan tersebut terjadi karena hasil dari wawancara peneliti kepada gurunya bahwa kelompok B1 mengenai kegiatan melipat kertas origami ini sangat jarang dilakukan, sehingga masih banyak anak yang belum bisa melakukannya. Dan hal ini sangat merugikan bagi anak karena apabila penelitian ini tidak dilakukan anak akan terkena dampak dari gurunya yang tidak kreatif sehinga kemampuan motorik halus pada anak tidak akan berkembang.
            Maka dari itu peneliti menggunakan media origami untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Karena dengan menggunakan media origami anak dapat mengkoordinasikan antara mata dengan jari jemarinya. Hal ini pernah dilakukan penelitian oleh Atik Mulyati mengenai peningkatan motorik halus melalui origami kelompok A TK Kusuma Baciro Gondokusuman Yogyakarta dengan berhasil.

B.        Rumusan Masalah
            Dari hasil anilisis bahwa rumusan masalah yang ada dalam skripsi dituangkan dalam pertanyaan penelitian. Di dalam skripsi ini antara rumusan masalah dengan pembahasan hasil penelitian saling berkaitan, artinya peneliti ketika menuliskan pembahasan hasil penelitian ia melihat rumusan masalahnya lebih dulu agar antara pembahasan hasil penelitian dan rumusan masalah itu nyambung , sehingga pembahasan hasil penelitian tersebut tidak keluar dari jalurnya. Namun dalam penulisan rumusan masalah ini memiliki kekurangan karena tidak ada rumusan masalah secara umum yang ada hanya rumusan masalah secara khusus saja.
            Untuk tujuan penelitian yang ada pada skripsi ini sudah sesuai dimana tujuannya sudah mencakup jawaban dari pertanyaan penelitian. Disini tujuannya mencakup secara khusus mengenai peningkatan motorik halus anak melalui media origami di TK IT La-Royba Kelompok B1 yang dituangkan dalam bentuk butir-butir yang spesifik mengacu pada pertanyaan-pertanyaan penelitian dalam rumusan masalah, serta tujuan dalam penelitian ini sudah terkait dengan tujuan perbaikan.
C.        Landasan Teoritis
            Dari hasil analisis variabel penelitian yang ada dalam skripsi ini cukup diuraikan secara lugas. Karena disini yang menjadi variabel yaitu media origami dan motorik halus , peneliti dengan jelas menjelaskan hubungan antara media origami dalam pembelajaran dengan meningkatkan motorik halus anak usia dini dengan menggunakan media origami.
            Didalam skripsi ini tidak terdapat kerangka pemikiran , seharusnya kerangka pemikiran ada di bab II sedangkan pada skripsi ini tidak ada pada bab II hanya membahas mengenai Penggunaan Media Origami dan Kemampuan Motorik Halus, Penelitian Terdahulu, dan Hipotesis.

D.        Metodologi Penelitian
            Pendekatan penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah menggunakan pendekatan kuantitatif . karena dari hasil analisis dalam skripsi ini ada data hasil dari penelitian yang berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik serta hasil dari penelitiannya konkrit/empiris, obyektif, terukur, rasional, dan sistematis.
            Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Karena dari hasil anilisis ini peneliti memaparakan terjadinya sebab-akibat dari awal pemberian perlakuan sampai dengan dampak perlakuan untuk mengangkat masalah-masalah belajar kegiatan anak di kelas yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan pembelajaran di dalam kelas secara profesional.
            Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti dalam skripsi ini adalah melalui observasi dan dokumentasi di TK IT La-Royba khususnya di kelas BI karena peneliti melihat di kelas B1 sendiri jarangnya media pembelajaran menggunakan kertas origami. Observasi yang peneliti lakukan dengan melihat dan melakukan kegiatan pembelajaran bersama anak dengan menggunakan media kertas origami sehingga dengan begitu peneliti lebih mudah ketika mencatat aktivitas yang terjadi selama proses pembelajaran dan melalui dokumentasi peneliti bisa lebih mudah dalam melengkapi penelitian.
            Teknik pengolahan data dalam skripsi ini menggunakan teknik pengolahan data kuantitatif. Karena data yang ada di dalam skripsi ini berwujud angka-angka dan di tuangkan dalam bentuk statistika.
E.        Pembahasan Hasil Penelitian
            Dari hasil analisis bahwa dalam skripsi ini hasil temuan penelitian diuraikan dalam bentuk angka dan kata. Karena di dalam skripsi ini peneliti menguraikan temuan nya melalui bentuk kata (narasi) dan angka. Serta temuan dari penelitian ini juga diuraikan melalui data statistik.
            Didalam skripsi ini terdapat pembuktian hipotesis penelitian dimana berdasarkan penelitian dari pra-siklus sampai dengan siklus II mengenai penelitian tindakan kelas dengan judul “Penggunaan Media Origami Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Kelompok B1 TK IT La-Royba” Kecamatan Walantaka Kota Serang, dapat diterapkan di sekolah oleh guru dan mampu meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini. Dimana dengan menggunakan media kertas origami mampu meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini kelompok B1 TK IT La-Royba.
            Temuan penelitian dalam skripsi yang disusun oleh Diah Robiatun Mardhiyah tentang penggunaan media origami untuk kemampuan motorik halus anak usia dini kelompok B1 TK IT La-Royba dikuatkan oleh pendapat dan teori menurut beberapa ahli seperti:
a)      Menurut Haziah (2015, hal 3) origami adalah seni melipat kertas yang berasal dari jepang.
b)      Menurut Sumanto (Mulyati , 2014, hlm 34-35) melipat kertas atau origami adalah suatu teknik berkarya seni /kerajinan tangan yang umumnya dibuat dari bahan kertas, dengan tujuan untuk menghasilkan aneka bentuk mainan , dll.
c)      Menurut Sumantri (Mulyati, 2014, hlm 35) melipat merupakan kegiatan keterampilan tangan untuk menciptakan bentuk-bentuk tertentu tanpa menggunakan bahan perekat (lem).
d)     Menurut Sukarti (Kusumastuti, 2014, hlm 17-22) manfaat dari media origami adalah anak belajar meniru/mengikuti, anak belajar berkreativitas, anak belajar berimajinasi, anak belajar berkarya (seni), anak belajar menghargai /mengapresiasi, anak belajar membuat model, anak belajar membuat mainannya sendiri, anak belajar membaca diagram/gambar, anak belajar menemukan solusi bagi persoalannya , dan anak belajar perbandingan (proporsi) dan berpikir matematis.
Dapat diambil kesimpulan bahwa tidak ada pertentangan antara teori yang diambil dengan pendapat penulis itu sendiri.
Penelitian yang dilakukan oleh peneliti dalam skripsi ini terdapat penguatan dari penelitian terdahulu, dimana ada beberapa penelitian terdahulu yang relevan dengan penelitian tentang penggunaan media origami untuk meningkatkan motorik halus anak usia dini kelompok B1 TK IT La-Royba Kecamatan Walantaka Kota Serang. Dan sebelumnya ada peneliti bernama Atik Mulyati (2014) skripsinya berjudul “Peningkatan keterampilan motorik halus melalui origami pada anak kelompok A TK Kusuma Baciro Gondokusuman Yogyakarta”. Metode penelitian yang digunakan yaitu ketelitian, kecepatan, dan kerapihan. Dengan hasil pada prasiklus 39,47%, siklus 1 50,86%, siklus II 60,33%, dan pada siklus III 78,94%. Maka dapat disimpulkan pada penelitian ini menunjukan bahwa peningkatan keterampilan motorik halus dapat dilakukan melalui media origami.
F.         Keseluruhan Skripsi dan Judul Skripsi
            Dari keseluruhan hasil analisis yang dilakukan terhadap skripsi yang disusun oleh Diah Robiatun Mardhiyah ini sudah bagus karena penyususannya sudah memiliki sistematika yang beraturan. Dan pada bagian pokok skripsi sudah tepat yaitu terdiri atas bab pendahuluan, kajian pustaka, metode penelitian, hasil penelitian serta kesimpulan dan saran. Hasil penelitian disini dimuat sebanyak V bab sesuai banyak nya materi yang akan disajikan dan perlunya pemilihan materi.
Penulisan skripsi ini merupakan jenis penelitian kuantitaif yang dimana, penelitian kuantitaif ini merupakan jenis penelitian yang dapat dipercaya keasliannya.
            Judul skripsi yang dimuat oleh penulis yaitu “Penggunaan Media Origami Untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini Kelompok B1 TK IT La-Royba Kecamatan Walantaka Kota Serang” sudah bagus dan bahasa nya mudah dipahami oleh orang lain.
G.        Identitas Penulis Skripsi dan Judul Skripsi
            Nama                                       : Diah Robiatun Mardhiyah
            Tempat/Tanggal Lahir : Majalengka, 18 Oktober 1995
Jumlah Saudara                       : Anak ke-4 dari 4 bersaudara
Alamat                                    : Gang Arkasim Jalan KH.Abdul Halim No.729                                                           rt/rw 02/08 Majalengka Kulon, Jawa Barat.
Nama Ayah                             : Mahmudin
Nama Ibu                                : Chonariyah
Riwayat Pendidikan              
PAUD                                     : TK Al-Marhamah PUI Majalengka tahun 2000
SD                                           : SD Majalengka Kulon II tahun 2001
SMP                                        : Mts. Daarul Uluum PUI Majalengka tahun   2007
SMA                                       : SMKN 1 Majalengka tahun 2010
Perguruan Tinggi                     : UPI Kampus Serang tahun 2013
Jurusan                                    : PG-PAUD
Fakultas                                   : Fakultas Ilmu Pendidikan
Riwayat Organisasi                 : Permata Ilmu ( 2014-2015)
                                                  HIKMA PAUD (2015-2016)
Judul Skripsi                           : Penggunaan Media Origami Untuk 
                                                   Meningkatkan Motorik Halus Anak
                                                   Usia Dini Kelompok B1 TK IT La-
                                                   Robya Kecamatan Walantaka Kota
                                                   Serang.

           
                                                                    
           
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar